Jumat, 15 Maret 2013

PIDATO PENGARUH TV TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK



Assalamu’alaikum wr.wb

   Yang saya hormati  bapak/ibu guru juri.
   Yang saya cintai teman-teman seperjuangan yang berbahagia.
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di ruang ini. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang senantiasa kita nantikan syafa’atnya di hari akhir. Perkenalkanlah saya Novi Eka Evitasari akan membacakan pidato yang berjudul “ Pengaruh Televisi terhadap Perkembangan Anak”.
Hadirin yang berbahagia, dengan kepolosan yang dimiliki anak-anak, kita belum mampu memilih, memilah dan memahami apa yang mereka saksikan di televisi dengan tepat dan benar. Peran orang tua dalam hal ini sangat penting. Biasanya orang tua kita hanya melarang anaknya agar jangan menonton televisi terlalu lama akan tetapi yang  perlu dilakukan oleh orang tua adalah mengawasi dan mendampingi anak-anak dalam menonton televisi agar dapat memberikan pengertian dan penjelasan. Orang tua juga perlu memperhatikan apakah film yang dikonsumsi anak cocok dengan usiannya. Mungkin sebagai orang tua, tidak akan kesulitan untuk langsung melarang seorang anak untuk menonton film-film dewasa yang mengandung unsur kekerasan yang vulgar dan seks, karena dengan memandang sepintas sudah jelas bahwa itu tidak cocok buat anak-anak. Tapi pernahkah orang tua mengamati film kartun yang sering dikonsumsi anak-anak?
Film kartun Jepang yang mempertontonkan heroisme dan keromantisan telah menyebabkan anak menjadi seorang yang agresif. Film kartun produksi Jepang yang berjudul Crayon Sinchan yang digemari anak-anak Indonesia, ternyata film ini di Jepang dikonsumsi oleh orang dewasa yang ingin kembali ke masa kanak-kanak. Sosok Sinchan tidak cocok untuk menjadi teladan anak-anak, sosok Sinchan sering bertindak kurang ajar yang mengarah pada masalah seks. Sebagai anak kecil Sinchan sering bermimpi tentang perempuan-perempuan dengan bikini dan ia pun sering sekali menyingkap rok ibunya. Seorang anak bisa dengan fasihnya menirukan ucapan atau lagu-lagu yang didengar di televisi. Mereka pun dengan segala kepolosan dan keluguannya akan menirukan tokoh idolanya di televisi. Dengan demikian tidaklah mustahil anak-anak akan menirukan kenakalan dan kekurang ajaran Sinchan.
Kehadiran televisi sangat bermanfaat tetapi tetap saja efek negatif selalu ada. Maka dari itu kita sebagai anak-anak sangat membutuhkan pengawasan dari orang tua. Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua, sekian dari saya bila ada kesalahan saya mohon ma’af yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum wr.wb










2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Baccarat Rules - The Urban Dictionary - Wilbur
    In this article, I will discuss how we explain the Baccarat septcasino variant, and a bit of trivia to 바카라 사이트 those who still like it. งานออนไลน์

    BalasHapus